SEGMENTASI PASAR
Pasar terdiri dan banyak sekali pembeli dan para pembeli itu berbeda satu atau beberapa hal.mereka berbeda dalam hal keinginan,sumber daya, lokasi dll.
- Mensegmentasi Pasar
Para pembeli mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik . Karenanya setiap pembeli berpotensi menjadi sebuah pasar tersendiri. Dengan menggunakan segmentasi yang sempurna mereka membuat produk berdasarkan pesanan yang sesuai untuk memuaskan masing-masing pelanggan.
- Dasar-dasar untuk segmentasi pasar konsumen
Tidak ada cara tunggal untuk mempengaruhi suatu pasar,seorang pemasar harus membedakan variabel segmentasi secara tunggal dan secara variabel kombinasi.
- Segmentasi geografik
Segmentasi geografik menghendaki pembagian pasar menjadi unit-unit geografik seperti bangsa negara bagian,wilayah provinsi,kabupaten dan tetangga.
- Segmentasi Demografikpok
Segmentasi Demografik adalah suatu proses yang membagi-bagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel – variabel demografik seperti umur, jenis kelamin,ukuran keluarga dll.
- Segmentasi Psikografik
Dalam segmentasi psikografi pembeli dibagi menjadi beberapa kelompok menurut kelas sosial , gaya hidup atau karakteristik. Orang dalam kelompok yang sama bisa mempunyai profil demografik berbeda.
- Segmentasi Perilaku
Dalam segmentasi perilaku pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,kegunaan tanggapan mereka terhadap suatu produk .Banyak pemasar bahwa variabel perilaku adalah titik tolak terbaik untuk membentuk segmen-segmen pasar.
Dasar-dasar untuk mengsegmentasi pasar:
Demografik
- Industri-industri manakah yang membeli produk ?
- Lokasi
Variabel-variabel pengoperasian
- Teknologi
- Status pengguna/non pengguna
- Kemampuan pelanggan
Pendekatan Pembelian
- Organisasi
- Struktur kekuatan
- Sifat hubungan yang ada
- Kriteria pembelian
Faktor-faktor situasional
- Urgensi
- Penggunaan khusus
- Besarnya pesanan
Karakteristik Pribadi
- Kesamaan pembeli
- Sikap terhadap resiko
- Kesetiaan
Menetapkan pasar sasaran
- Perusahaan harus mengevaluasi berbagai segmen dan memutuskan beberapa banyak segmen yang harus dicakup.
- Mengevaluasi segmen pasar
Dalam mengevaluasi segmen pasar perusahaan harus menelaah tiga faktor dan pertumbuhan segmen serta sasaran dan sumber daya suatu perusahaan.
- Ukuran dan pertumbuhan segmen
Pertama perusahaan harus mengumpulkan kemudian menganalisis data tentang penjualan terakhir proyeksi laju pertumbuhan penjualan dan margin laba yang diharapkan untuk berbagai segmen.
- Kemenarikan struktural segmen
Suatu segmen mungkin mempunyai ukuran dan pertumbuhan seperti yang diambakan akan tetapi menarik , Perusahaan harus meneelaah beberapa faktor struktural yang utama yang mempengaruhi adanya kemenarikan.
- Sasaran dan sumber daya perusahaan
Suatu segmen memiliki ukuran dan pertumbuhan yang positif serta menarik strukturnya perusahaan harus mempertimbangkan sasaran dan sumberdaya sendiri dalam kaitannya dengan segmen itu.
Memilih segmen pasar
·
Pemasaran Serba-sama
Dengan menggunakan strategi ini perusahaan tidak mengetahui adi anya pebedaan segmen pasar dan melayani keseluruhan pasar dengan penawaran pasar.
Dengan menggunakan strategi ini perusahaan tidak mengetahui adi anya pebedaan segmen pasar dan melayani keseluruhan pasar dengan penawaran pasar.
·
Pemasaran serba-aneka
Dengan menggunakan strategi ini perusahaan memilih untuk melayani beberapa segmen pasar dan merancang tawaran tersendiri untuk setiap segmen.
Dengan menggunakan strategi ini perusahaan memilih untuk melayani beberapa segmen pasar dan merancang tawaran tersendiri untuk setiap segmen.
·
Pemasaran Terpusat
Strategi ini sangat cocok bagi perusahaan yang sumber daya terbatas. Bersamaan dengan itu pemasaran terpusat mengandung resiko yang lebih besardari pada resiko normal
Penentuan posisi pasar :
Strategi ini sangat cocok bagi perusahaan yang sumber daya terbatas. Bersamaan dengan itu pemasaran terpusat mengandung resiko yang lebih besardari pada resiko normal
Penentuan posisi pasar :
- Memilih dan melaksanakan strategi penentuan posisi
- Mengindetifikasi keunggulan kompetitif yang mungkin
- Memilih keunggulan kompetetif yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar