Jumat, 29 November 2013

Makanan Khas Palembang



Pempek


Pempek adalah makanan khas kota Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu . pempek disajikan dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari cuka , gula merah dan bumbu dapur lainnya . tekstur pempek yang kenyil dan gurih yg terasa ikan nya sangat cocok di padukan dengan kuah yang pedas akan membuat lidah tidak mau berhenti untuk mengunyah … 
  
 Tekwan

Tekwan adalah salah satu makanan khas Palembang , mungkin tidak banyak orang tahu tekwan . karena orang lebih banyak tahu kalau makanan khas Palembang adalah pempek . cita rasa tekwan ini tidak kalah enak dengan pempek , komposisi bahannya pun sama . hanya yang membedakannya dengan pempek ialah kuah nya . tekwan tidak di goreng , tetapi di rebus . tekwan dapat di sajikan dengan mie putih (bihun) di temani kuah gurih yang terbuat dari bawang putih yg dihaluskan , buah bengkoang yang di potong-potong kecil , dan penyedap rasa lainnya .


Model


Model juga salah satu makanan khas Palembang . model pada dasarnya di buat dengan adonan yang sama dengan pempek kapal selam , bedanya model di isi dengan tahu dan di goreng sebelum di sajikan . pada saat penyajian model di sajikan dengan kuah model yang terbuat dari kaldu udang . selain dicampur dengan bihun , model biasannya di beri timun dan ebi . model ada dua jenis , yaitu model ikan dan gendum .


Es kacang merah


Selaim pempek tekwan dan model , Palembang juga mempunyai satu lagi yang menjadi khas yakni Es Kacang Merah . Minuman ini  termasuk satu jenis minuman yang selain segar juga menyehatkan, karena es kacang merah ini mengandung susu dan tentunya kacang merah itu sendiri. Es kacang merah ini berbahan dasar cincau, tape, dawet, nangka dan yang tentunya kacang merahnya. Sedangkan untuk sirupnya sendiri adalah sirup merah (coco pandan), susu dan untuk tambah nikmatnya adalah cokelat cair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar