Sabtu, 30 November 2013

Makan Khas beberapa Kota di Indonesia



Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia , dengan keberagaman suku dan budaya . dan setiap kota memiliki ciri khas masing-masing , seperti dari segi kuliner nya yang unik dan pasti enak . dan berikut beberapa makan khas yang patut dicoba …

Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke ambon tidak menikmati papeda . Papeda merupakan makanan Tradisional Propinsi Maluku,Ambon, orang ambon biasanya sebelum makan nasi terlebih dahulu memakan papeda, selanjutnya baru makan nasi. makanan yang terbuat dari sagu ini biasannya di santap dengan ikan kuah kuning . soal rasa tidak perlu di pertanyakan lagi , kalau orang ambon bilang sih “Paleng Sadap Seng Ada Lawang” yang artinya sangat enak dan tidak ada tandinganya.
                                                                             

  
Rendang

Ini dia salah satu makanan Indonesia yang sudah diakui rasanya yang enak oleh dunia . rendang adalah makanan khas padang , cara memasak dan rempah-rempahnya yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan enak tentunya .
 


Es pisang ijo 

Es pisang ijo merupakan salah satu panganan khas dari daerah Sulawesi Selatan khususnya di daerah Makassar. Es pisang ijo ini terbuat dari bahan utama yaitu pisang, yang kemudian pisang tersebut dibungkus dengan menggunakan adonan tepung yang diberi pewarna hijau. Warna hijau yang digunakan dalam adonan ini biasanya menggunakan sari dari daun pandan atau daun suji . paling enak di santap pada saat menjelang senja untuk menambah kesejukan .
  

Pempek


Pempek adalah makanan khas kota Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu . pempek disajikan dengan kuah berwarna coklat yang terbuat dari cuka , gula merah dan bumbu dapur lainnya . tekstur pempek yang kenyil dan gurih yg terasa ikan nya sangat cocok di padukan dengan kuah yang pedas akan membuat lidah tidak mau berhenti untuk mengunyah …


Gudeg


Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santa . warna kecoklatan pada guged berasal dari daun jati yang di masak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar