Sabtu, 26 Oktober 2013

Sejarah Koperasi



SEJARAH KOPERASI

Seperti yang dilansir oleh media online Wikipedia , pengertian koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-perorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan .
Koperasi muncul pada abad ke-20 , pada umumnya koperasi muncul tidak berdasarkan hasil yang spontan . keterbatasan ekonomi yang mendorong rakyat kecil  berjuang untuk segera keluar dari penderitaan ini dan merubah hidupnya sendiri .
Pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja mendirikan sebuah bank bernama priyayi . bank ini diperuntukan  oleh para pegawai negeri , karena beliau tidak ingin melihat para pegawai terjerat pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi .
Pada zaman Belanda pembentuk koperasi belum dapat terlaksana karena:

1. Belum ada instansi pemerintah ataupun badan non pemerintah yang memberikan penerangan dan penyuluhan tentang koperasi.
2. Belum ada Undang-Undang yang mengatur kehidupan koperasi.
3. Pemerintah jajahan sendiri masih ragu-ragu menganjurkan koperasi karena pertimbangan politik, khawatir koperasi itu akan digunakan oleh kaum politik untuk tujuan yang membahayakan pemerintah jajahan itu.
Setelah kemerdekaan Indonesia , pada tanggal 12 juli 1947 pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Sekaligus membentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya (Bandung sebagai ibukota provinsi sedang diduduki oleh tentara Belanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar